...Ikan Kuning...

on Rabu, 06 Januari 2010

Alhamdulillah.... resolusi saya supaya KK mau (menyukai) makan ikan tercapai di 2009.
Justru sekarang dia akan minta sendiri ke saya untuk masakin dia menu ikan yang lagi dia pengen. Nah, ini adalah salah satu resep masakan ikan yang sering dia minta masakin ke saya, Ikan Bumbu Kunyit. Resep ini awalnya nyontek dari buku 'Menu Hemat Untuk Sebulan' yang disusun sama Tim Dapur DeMedia. Untuk ukuran yg pake gram, saya pake feeling aja ngitungnya ( gak punya timbangan euy ). Misalnya untuk 500 gr ikan, saya mengasumsikannya itu adalah 1 ikan kakap ukuran sedang, atau 1 bungkus ikan patin yang di jual di tukang sayur langganan saya. Intinya mah cuma di bumbu, kalo ikannya bisa apa saja kok (patin, kakap, mas, dll)

Bahan :
500 gr ikan ( saya sih lebih suka kakap atau patin )
1 butir jeruk nipis ( ambil airnya )
Minyak secukupnya ( untuk menggoreng & menumis )
8 buah cabe ijo, iris serong
4 lembar daun jeruk nipis, iris tipis/halus
2 batang daun bawang, iris serong
200 ml air
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap ( bila suka )

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
8 butir bawang merah
4 cm kunyit
2,5 cm jahe
6 cabe merah ( kalo mo lebih pedes bisa ditambah cabenya )
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara Membuat :
Bersihkan ikan ( patin/ kakap ), lalu potong2 sesuai selera. Lumuri ikan pakai air perasan jeruk nipis, diamkan +- 20 menit. Goreng sampai kuning kecoklatan. angakat dan sisihkan

Panaskan wajan. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan cabe ijo, daun jeruk dan daun bawang.

masukkan ikan goreng, lalu aduk rata. Tuang air. masak samapai mateng dan bumbu meresap ke dalam ikan. Angkat & sajikan deh.

Sumpah, menu yang kaya bumbu ini nikmaaaaaat banget buat qta ber3. Apalagi makannya pake nasi panas. Wuiiihhh, mantap kali !!

0 komentar:

Posting Komentar